Indahfashion Shop's Fan Box

Wednesday, October 21, 2009

Kemangi Tak Sekadar Wangi



KEMANGI bukan tanaman yang asing bagi kita. Tumbuhan ini pun relatif mudah dijumpai, bisa dihalaman rumah, kebun, ladang, bahkan di pinggir jalan. Sampai saat ini, kebanyakan dari kita tahu bahwa kemangi cocok digunakan sebagai lalapan, ditambahkan pada masakan berunsur ikan, ayam, atau digunakan sebagai obat tradisional.

Kemangi dan tanaman sejenisnya, yaitu selasih atau basil, memiliki sejarah yang menarik. Tanaman jenis ini pernah menjadi tanaman kerajaan di Prancis dan Italia. Bunga tanaman ini dipilih untuk menyatakan cinta. Sementara di India, tanaman ini merupakan salah satu tumbuhan yang disucikan dan kerap digunakan dalam upacara keagamaan.

Di China, kemangi digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat demam, dan kanker. Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan tanaman ini sebagai obat tradisional, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, dan Meksiko.

Terlepas dari pembuktian secara ilmiah, kemangi dan selasih secara empiris telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit, baik di Indonesia maupun negara lain. Kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga serta memelihara kesehatan jantung.

Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar jika kemudian orang suka mengonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok, atau terancam.

source:okezone,forum nova

No comments:

Custom Search